Social Icons

Friday, January 17, 2014

[Sermon : 12-01-2014] Bagaimana Kita Mengalami Janji Tuhan di Tahun 2014?

Pdt. Lukas Suherli 


Perintah TUHAN kepada Yosua untuk merebut Tanah Kanaan

1:1. Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: 1:2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. 1:3 Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa. 1:4 Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu. 1:5 Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. 1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." 1:10. Lalu Yosua memberi perintah kepada pengatur-pengatur pasukan bangsa itu, katanya: 1:11 "Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki."


(Ayat 1-2)
Adanya peralihan dari musa kepada Yosua, karena musa telah meninggal, begitu juga dengan kita telah meninggalkan tahun 2013 kepada 2014, pada ayat 1- 2 tadi, adanya firman bahkan Janji Tuhan yang turun pada mereka, begitu juga dengan kita, ada Firman Tuhan dan Janji Tuhan yang turun atas kita.
Ada sesuatu yang Allah akan genapi ditahun 2014, baik itu dalam keluarga, pekerjaan, maupun pelayanan kita, terlebih lagi dalam Gereja kita GBI PPL ini, dan dalam Kehidupan pribadi kita.Mungkin kita sudah banyak berdoa tentang pemulihan dari tahun sebelumnya, tetapi masih belum ada pemulihan apa-apa dalam hidup kita, tapi pesan Tuhan di tahun 2014, adalah Siapkan hati kita.
(Ayat 3-5)
Di Tahun 2014 kita akan mengalami Janji Tuhan, terobosan – terobosan akan kita alami Tahun ini, masalah dan sakit penyakit kita tidak akan bertahan menghadapi kita, bukan karena kuat dan gagah kita, tapi karena Besarnya penyertaan Tuhan atas hidup kita.
Apa yang sudah kita gumulkan dan kita doakan akan Tuhan jawab di tahun ini, tapi ada bagian kita yang harus kita lakukan agar kita bisa menerima janji-janji Tuhan di Tahun ini.

Bagaimana Janji Tuhan bisa kita alami ?

1.  Kuatkan dan Teguhkan Hatimu
(Ay. 6)
Walaupun kata orang tahun 2014 adalah tahun yang sulit, dunia menuntut untuk menguatkan punya uang yang banyak, kedudukan yang tinggi, tapi kuatkan dan teguhkan hatimu karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari persoalan dan masalah yang ada, sebab masalah bisa membuat kita goyah, hati kita goyah, tapi Tuhan berkata Kuatkan dan Teguhkan Hati, karena Tuhan menyertai kita. Bahkan di Tahun ini apa yang tidak pernah kita lihat, apa yang tidak pernah kita dengar dan tidak pernah timbul dalam hati, Tuhan akan menyediakannya.
(Ay. 6b)
Tuhan yang akan memimpin bangsa ini, Tuhan yang akan memipin keluarga-keluarga. Tuhan akan membawa kota Padalarang, Bangsa Indonesia pada Kemuliaan Tuhan, tapi untuk sampai kesana Kuatkan dan Teguhkan Hatimu, karena Tuhan akan memulihkan Indonesia.
(Ay. 7a)
Jika kita menguatkan dan meneguhkan hati kita, berarti ada suatu tindakan yang nyata bahwa Tuhan akan menyertai kita.
(Ay.9)
Ditekankan lagi untuk ketiga kalinya bahwa itu menjadi perintah Tuhan. Jangan kecut dan tawar hati.
(Amsal 24 : 10)
Kalau kita tawar hati, maka ketika kita Ibadah akan menjadi beban, pelayanan menjadi beban, doapun menjadi beban.

2.  Jangan Hidup dalam Dosa
(Ay. 7b)
Kita harus menjaga hidup kita lebih hati – hati lagi, artinya kita tidak boleh hidup di dalam dosa, apalagi kalau kita ingin terjadi pemulihan-pemulihan dalam hidup kita. Manusia tidak akan sampai kepada Tahta Allah dikarenakan dosa, oleh karena itu kita harus bertindak hati-hati tidak hidup dalam dosa dan menjaga hidup kudus.

3.  Jangan Lupa Memperkatakan dan Merenungkan Firman Tuhan
(Ay.8)
Oleh karena itu yang keluar dari mulut kita adalah Firman Tuhan, jangan sampai mulut kita memperkatakan gosip, ngomongin orang, karena yang kita perkatakan akan mempengaruhi kehidupan kita. Ketika kita mempercayai firman Tuhan dan memperkatakannya itu akan menjadi Dahyat.

4.  Saling Membangun Iman
(Ay. 12-14)
Yosua membangun Iman mereka. Yosua menempatkan semua orang menjadi gagah perkasa, begitu juga dengan kita sebagai umat Tuhan, kita adalah umat yang Gagah Perkasa. Oleh sebab itu bangun iman kita, jangan merendahkan orang lain. Berikan mereka motivasi kepada yang sedang lemah.


Hanya Kuatkan dan Teguhkan Hatimu, Jangan Berbuat Dosa Lagi, dan selalu Memperkatakan dan Merenungkan Firman Tuhan, serta Saling Membangun Iman di Tahun 2014 ini, maka Janji –Janji Tuhan akan tergenapi di Tahun ini…

Tuhan Yesus Memberkati

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates